3 Komponen Penting yang Harus Sering Diservis Pada Motor KLX 150


Bagi para offroder sepeda motor roda dua di jalur lintas tanah berlumpur, membesut motor Kawasaki KLX 150 dan panduan tips ringan mangganti pelumas atau oli mesin secara berkala merupakan hal yang penting. selain itu, dengan mengenal berbagai komponen penting yang harus diservis pada motor KLX 150 juga mejadi hal yang wajib untuk diketahui.

Hal ini bertujuan supaya sepeda motor lebih terasa ringan seperti baru , Servis berkala sendiri dilakukkan setiap 3.000 km atau 2 bulan tergantung pemakainan, ada pun berbagai komponen yang harus di servis sebagai berikut.

1. Filter Udara 


Filter udara merupakan bagia penting pada motor yang harus selalu dicek, kita juga harus rutin  membersihkan bagian ini  untuk mencegah masuknya debu maupun partikel kecil kedalam karbulator.

Karbulator yang tersumbat bisa menyebabkan motor macet atau susah dinyalakan, Dan sekiranya filter udaranya sudah tidak layak digunakan, maka harus diganti dengan part baru yang harganya berkisar antara Rp 55 ribu sampai Rp 65 ribu.

2. Filter Oli

Komponen Penting yang Harus Sering Diservis Pada Motor KLX 150

filter oli berfungsi sebagai penyaring carian pelumas dari masuknya kotoran atau partikel kecil masuk ke dalam bak. Pada saat mengganti oli kita harus membersihkan bagian filter oli ini .

Jika tidak dibersihkan, maka kotoran akan menempel dan menumpuk. Selain itu, pembersihhan tidak harus dilakukan setiap bulan, cukup 3 bulan sekali saja. Hal ini dikarenakan pergantian oli dan filter oli merupakan pusat penting dalam menyaring oli tersebut.


3. Kapasitas Oli


Kapasitas oli memang bukan sebuah oart dari motor, namun takaran dari sebuah oli juga memegang peranan penting dalam manajemen pembakaran dalam mesin motor KLX.

Kapasitas oli yang dibutuhkan tanpa mengganti filter adalah sebesar 1,2 liter. Namun jika ingin mengganti filter oli, kapasitas yang di butuhkan harus sebanyak sebanyak 1,3 liter.

Hal ini dikarenakan oli yang tersedia pada setiap botol hanya sekitar 1 liter. Maka dari itu, Anda harus membeli 2 botol dan sisanya bisa Anda bawa pulang.
Sedangkan merek oli yang di rekomendasikan adalah KAWASAKI GENUINE OLI SEMI SYNTHETICS oli 4T dengan 10W-40 SL MA. 

Harga dari oli ini berkisar antara Rp 45 ribu sampai Rp 60 ribu. Namun tetap perhatikan juga kualitas oli dan beberapa komponen tersebut agar mesin dan berbagai onderdil menjadi lebih, awet.

berbagai komponen penting yang harus sering diservis pada motor KLX 150 di atas kiranya bisa membantu Anda dalam merawat sepeda motor kesayangan agar semakin menawan.

1 komentar untuk "3 Komponen Penting yang Harus Sering Diservis Pada Motor KLX 150 "

Posting Komentar